ISO 9001 Adalah ? Mengenal Sejarah, Kegunaan, Manfaat nya - Fredy Bastian
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

ISO 9001 Adalah ? Mengenal Sejarah, Kegunaan, Manfaat nya

iso 9001 adalah
ISO 9001 2015
ISO 9001 Adalah ? Mengenal Sejarah, Kegunaan, Manfaat nya - Di dunia perusahaan, istilah ISO 9001 adalah hal yang wajar. Tetapi untuk orang pemula, kita cuma kerap menyaksikan cap ISO dari beberapa perusahaan nasional sampai multinasional. Untuk ketahui apa sebetulnya ISO 9001, baca penuturannya di bawah ini.

Apakah itu ISO 9001?

Istilah ISO datang dari kata ISOS yang memiliki arti sama. ISO sendiri sebagai ringkasan dari International Organization For Standarization. Ada beberapa beberapa macam ISO. Dimulai dari ISO 9000, ISO 14001, ISO 28000 dan ISO 22000.

ISO 9001 adalah standard internasional yang memutuskan syarat untuk Mekanisme Management Kualitas. Tipe ISO ini pertama kalinya diedarkan di tahun 1986 oleh ISO (International Organization for Standarization), sebuah tubuh internasional yang terbagi dalam tubuh standard nasional yang dengan anggota lebih dari 160 negara.

Semenjak pertama diedarkan, ISO 9001 alami 2x peralihan minor di tahun 1994 dan 2008. Sementara untuk peralihan major terjadi 2x saat tahun 2000 dan 2015. Versus terbaru dari ISO 9001 adalah ISO 9001 2015.

Arah diselenggarakan mekanisme management kualitas ISO 9001 adalah untuk menahan berlangsungnya kekeliruan sementara dalam project dan meminimalkan berlangsungnya kekeliruan sesudah produk dikatakan ke konsumen setia.

Sejarah Iso

    ISO 9001 sekarang ini dapat disebutkan selaku standar kualitas atau kualitas dengan standard internasional. Soal ini berlaku untuk kualitas produk fisik atau layanan khusus. Dalam prosesnya, perlu Anda kenali kalau nyatanya ISO 9001 ini udah merasakan seringkali koreksi serta perubahan. Terperinci sejarah perjalanannya adalah sebagaimana berikut ini:

  • ISO pertama kalinya muncul di tahun 1987
  • ISO 9001 pertama kalinya diperbaiki di tahun 1994. Namanya setelah itu diganti sesuai tahun revisinya ialah ISO 90001 Versus 1994. Tidak stop di tempat ini, ISO setelah itu merasakan koreksi kembali lagi ke tahun 2000
  • Di tahun 2008, ISO 9001 pula kembali merasakan koreksi atau versus yang lebih up-grade
  • Paling akhir, ISO 9001 merasakan up-grade di tahun 2015. Di mana di tahun ini, standarisasi kualitas ISO tidak sekedar digunakan buat organisasi besar saja. Walau demikian pula digunakan buat perusahaan kelas UMKM juga. Keputusan ini masih berlaku hingga sampai sekarang ini

Pentingnya Memiliki Sertifikat ISO 9001

  1. Menjamin kualitas dan mutu
  2. Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan akan Perusahaan
  3. Menjamin Kepuasan Pelanggan
  4. Sistem yang terdokumentasi

Kegunaan ISO 9001 

International Organization for Standarization atau yang lebih umum dikatakan dengan namakan ISO ini adalah sebuah tubuh standarisasi nilai internasional. Didalamnya tercatut anggota lebih pada 160 negara yang berlainan. Kegunaannya dari ISO adalah buat mempromokan kwalitas, keamanan, dan meningkatkan efesiensi di sebuah industri.

    ISO sendiri punya beragam jenis standard yang bisa diimplikasikan sama dengan focus dan arahnya. Berikut sejumlah contoh beberapa macam ISO yang sudahlah banyak digunakan di Indonesia:

Manfaat Implementasi ISO 9001

Selainnya kegunaan ISO 9001 sama seperti yang sudah disebut sebelumnya, ada manfaat yang didapat dari implementasi Mekanisme Management Kualitas ISO 9001 diantaranya:

- Tingkatkan Keyakinan Konsumen setia
- Agunan Kualitas Produk dan Proses
- Tingkatkan Keproduktifan perusahaan
- Tingkatkan motivasi, kepribadian dan performa pegawai
- Sebagai alat analisis pesaing perusahaan
- Tingkatkan jalinan sama-sama memberikan keuntungan dengan penyuplai
- Tingkatkan biaya efficiency dan keamanan produk
- Tingkatkan komunikasi intern
- Tingkatkan gambar positif perusahaan
- Mekanisme terdokumentasi
- Media untuk Training dan Pengajaran

Standard yang Ditata oleh ISO 9001

Mekanisme Management Kualitas ISO 9001 berisi standard atau komponen yang memungkinkannya organisasi atau industri saat lakukan pembaruan yang berkaitan (Continual Improvement) pada beberapa cakupan yakni:

- Proses yang berkaitan dengan konsumen setia
- Mekanisme Kepimpinan / Leadership
- Management sumber daya
- Pembaruan dan kenaikan proses
- Mekanisme management
- Mekanisme pembaruan yang berkaitan
- Ambil keputusan yang Factual
- Jalinan sama-sama memberikan keuntungan dengan penyuplai

Contoh Implementasi Standarisasi ISO 9001

Berlainan perusahaan, pasti berlainan juga implementasi ISO 9001. Mekanisme Management Kualitas ISO 9001 ini lebih berisi syarat yang perlu dipenuhi dengan perusahaan, di mana proses untuk penuhi syarat itu diberikan ke masing-masing perusahaan. Karena bergantung dari tipe dan komplikasi dari tiap-tiap industri. Berikut contoh implementasi standarisasi ISO 9001


  • Mengharuskan perusahaan mempunyai peraturan dan target kualitas. Perusahaan bisa memutuskan sendiri dari Peraturan dan Target Kualitas yang sesuai watak perusahaan.
  • Mengharuskan perusahaan untuk mempunyai sumber daya yang bagus, baik sumber daya manusia dan infrastruktur. Ada wujud penilaian sumber daya manusia untuk pastikan jika karyawan telah mumpuni.
  • Mengharuskan perusahaan untuk mempunyai standard sebagai referensi untuk bekerja, supaya tidak ada kekeliruan. Wujud standard referensi dapat diputuskan oleh perusahaan sama sesuai watak dari tiap-tiap perusahaan.

Ide Standarisasi ISO 9001

    Sebetulnya ISO 9001 berperanan untuk memberi dasar karakter Mekanisme Management Kualitas yang bagus, berbentuk syarat yang perlu dipenuhi dengan perusahaan supaya dianggap sebagai perusahaan yang penuhi persyaratan syarat sama sesuai ISO 9001.

Secara ide, ISO 9001 adalah standard yang memberikan keluasaan berdasar karakter dari semua perusahaan unggul, meskipun perusahaan itu tidak disertifikasi ISO 9001.

Harus dipahami jika ISO 9001 memiliki sifat suka-rela, bukan kewajiban. Meskipun memiliki sifat suka-rela, beberapa perusahaan mengharuskan vendor untuk ikuti standard ISO 9001 sebagai agunan dalam jaga perusahaan masih tetap mendapatkan suplai produk atau servis yang bagus.

Berikut Ide Standarisasi ISO 9001 adalah:

  1. Perusahaan harus memutuskan konsumen untuk perusahaan dan mendeskripsikan kualitas dari pemikiran konsumen
  2. Perusahaan harus pahami rumor internal dan external sebagai saran anjuran untuk membuat Mekanisme Management Kualitas
  3. Perusahaan harus pahami kemauan dan tuntutan dari stakeholder sebagai saran anjuran
  4. Perusahaan harus mengenali kesempatan dan resiko yang bisa memengaruhi operasional dan perolehan arah perusahaan.
  5. Perusahaan memutuskan Peraturan dan Target Kualitas
  6. Peraturan Kualitas jadi dasar dalam membuat mekanisme, operasional usaha satu perusahaan
  7. Harus mempunyai program kerja untuk capai target kualitas
  8. Perusahaan harus pahami kemauan konsumen setia dan pastikan persetujuan dengan konsumen setia bisa tercukupi
  9. Perusahaan harus mempunyai mekanisme untuk atur tugas hingga perusahaan bisa mengirimi produk atau servis on time ke konsumen setia
  10. Perusahaan harus mempunyai mekanisme kontrol untuk pastikan produk atau servis sudah penuhi syarat konsumen setia dan ketentuan
Kurang lebih, sampai disini penjelesan dari kami jika tentang pemahaman ISO 9001 dan manfaatnya. Bila Anda berminat untuk mendaftar perusahaan Anda untuk sertifikasi ini, silakan mengontak konselor sertifikasi yang bisa diketemukan secara mudah di internet.



Posting Komentar untuk "ISO 9001 Adalah ? Mengenal Sejarah, Kegunaan, Manfaat nya"