Cara Menulis Artikel yang Baik - Fredy Bastian
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menulis Artikel yang Baik

Cara Menulis Artikel yang Baik
Cara Menulis Artikel yang Baik
Cara Menulis Artikel yang Baik - Artikel ialah cerita pendek, sekitar di antara 300 hingga sampai 1.000 kata, yang membicarakan topik khusus yang diperuntukkan buat sampaikan ingatan pada sebuah fakta, baik berwujud bukti, prinsip atau saran khusus.

Bagaimana cara menulis artikel dengan baik? (Ada juga pertanyaan-pertanyaan mengenai bagaimana cara menulis/ membuat artikel di blog, cara menulis artikel ilmiah, cara menulis artikel di koran, dan lain-lain).

Hmm… sesungguhnya menulis artikel dasarnya sama (tergolong artikel yang banyak ditanya di atas). Sebuah perihal yang penting diperhatikan dalam menulis artikel ialah JENIS artikel apa yang ingin anda catat. Apabila anda tidak jelas type artikel apa yang anda catat, sukar didambakan artikel anda dapat sukses memancing ketertarikan baca sebab artikel anda belum juga jelas formatnya.

Nach, dalam santapan hangat kesempatan ini saya dapat tolong anda mengatakan cara membuat seluruh type artikel berikut saya bahas misalnya di hadapan anda.

hidung…. mengeluarkan perlahan-lahan melalui mulut… ambil napas lagi… mengeluarkan lagi… Yup, silahkan kita baca dan baca bersama

Beberapa langkah Menulis Artikel Secara Umum

Pada intinya, beberapa langkah menulis artikel bisa kita bagi jadi 5 unsur utama berikut:

  1. Pastikan Topik. Topik sebaiknya detil. Makin detil semakin memikat animo baca.
  2. Pastikan Maksud penulisan. Biasanya artikel, manalagi dalam artikel type deskripsi dan cerita, tak menyebutkan maksud penulisan secara tertulis, tetapi tebersit.
  3. Definisikan inspirasi inti atau kasus. Rata-rata penjabaran kasus berbentuk pertanyaan. Tetapi dalam penulisan artikel deskripsi dan cerita, rumusan permasalahannya tak tertulis tetapi terselip dibalik aliran tulisan (Kelak saya terangkan dengan contoh di bawah).
  4. Bangun topik dan kajian sama dengan type artikel (Penguraian selanjutnya saya sebutkan dibawah)
  5. Buat rangkuman. Rangkuman membuatnya ringan. Anda dapat membuat dengan baik apabila nalar atau aliran artikel anda betul.
Begitu beberapa langkah penulisan artikel umumnya. Dan beberapa langkah detilnya harus anda samakan dengan wujud atau type artikel yang ingin anda catat. Dikarenakan tiap-tiap wujud atau type artikel punya cara penulisan berlainan.

Artikel Deskripsi

Artikel deskripsi ialah cerita yang memiliki tujuan buat menulis kisah satu bukti maka dari itu pembaca bisa melukiskannya di dalam pikiran. Saya lebih senang menamainya selaku artikel gambar. Dikarenakan 100 % artikel ini berisikan kisah situasi, momen, insiden.

Cara Penulisan Artikel Deskripsi

Pastikan obyek, baik berwujud situasi atau prinsip yang pengen dilukiskan

Bangun tulisan jadi urut-urutan. Apa berdasar pada posisi waktu: pagi-siang-sore; atau posisi jam 1, jam 2, jam 3; atau posisi tahun: tahun 2000, tahun 2003, tahun 2005; atau memanfaatkan posisi tempat: dari tepi ke tengah; dari pangkal ke ujung; atau kita ingin memanfaatkan posisi keperluan: dari yang paling utama, penting ke yang kurang penting.

Tutup dengan paragraf yang mengaitkan objek yang dilukiskan.

Contoh artikel bisa anda saksikan di sini atau di sini.

Oya, penulis artikel deskripsi pada contoh di atas memanfaatkan teknik peningkatan berdasar pada posisi tempat. Penulis memvisualisasikan perjalanan hidupnya di saat tamasya ke Pantai Pulau Datuk. Ia memvisualisasikan eloknya perjalanan di pantai itu dari awalnya hingga sampai akhir perjalanan secara runut. Sang penulis ingin Anda (pembaca) menyaksikan, rasakan, alami apa yang ia alami dan alami.

Prasyarat sukses membuat artikel deskripsi ialah, pertama: semakin bertambah indera yang kita sertakan kian baik sebab pembaca dapat rasakan, mengayalkan bahkan juga turut alami apa yang kita gambarkan. Dari contoh artikel di atas misalkan pada judul: Semburat Senja… Sang penulis ingin kita menyaksikan senja dan pemandangan alam di Pantai Pulau Datuk.

Ke-2 , gak boleh tambahkan pendapat atau saran anda di dalam artikel. Dasar artikel deskripsi ialah MENGGAMBAR atau MELUKIS, jadi gambar dan lukislah apa yang ada, pure alias murni ajak pezbaca buat menyaksikan situasi atau fakta atau pengalaman yang anda alami dan alami.

Artikel Cerita

Artikel type ini diperuntukkan buat ceritakan satu situasi atau keadaan, baik berdasar pada posisi waktu atau posisi momen. Saya lebih senang memberi nama selaku artikel narasi.

Ya, seperti narasi (novel, cerpen, komik, dongeng, film, sinetron, dll), dalam artikel cerita harus ada penokohan, seperti di narasi secara umum. Si profil disketsakan selaku figur yang bergelut dengan kasus dan berbentrokan dengan kehidupan. Dan dia usaha memenangi pertempuran itu. Terdapatnya perseteruan kehidupan membuat tulisan type ini memancing ketertarikan baca. Dikarenakan apabila tak ada perseteruan, karenanya sebuah cerita menjadi cemplang.

Cara penulisan artikel cerita

  • Pastikan topik.
  • Pastikan maksud (tebersit).
  • Pastikan rumusan inspirasi inti (tebersit).

Bangun tulisan dengan membuat jalan cerita: awal mula - tengah - akhir. Sisi awal mula buat pembukaan yang menarik; sisi tengah lukiskan pertempuran hidup si profil hingga sampai pada pucuk perseteruan alias klimaks; di bagian akhir selesaikan dengan anti klimaks dan ending.

Selanjutnya, buat anti klimaks selaku penutup.

Contoh artikel ini bisa disaksikan di sini.

Prasyarat sukses menulis artikel cerita ialah pada potensi kita menyediakan perseteruan yang dirasakan profil narasi dan bagaimana si profil menanggapi kasus itu dengan metodenya sendiri. Kian bagus perseteruan, kian bagus sikap si profil, makin memikat artikel itu.

Oya, dalam menulis cerita, kita (penulis) bisa menyelipkan pendapat atau pesan yang terdapat di dalam narasi. Tetapi pendapat atau pesan terpasang, tebersit, tak tertulis. Pesan narasi bersatu di dalam jalan cerita dan tak dilepas secara fulgar seperti artikel argumentasi. Mirip contoh pada tulisan biografi Ir. Soekarno di atas, pesan di dalam artikel menyaratkan: perjuangan tanpa ada mengenal capek raih dan membela kemerdekaan.

Contoh artikel cerita menarik yang lain silahkan anda baca: Dr. Zakir Naik Melawan Dialog Paus Benedictus Baca artikel itu dengan baik, anda dapat rasakan perseteruan penilaian di antara Islam dan agama yang lain sejauh aksinya dalam tablig. Silahkan pun terka di mana atau di paragraf berapakah klimaks pada artikel mengenai si dokter muslim yang terus tenar itu.

Artikel Eksposisi

Ertikel type ini adalah cerita yang memiliki tujuan buat merinci satu objek. Bisa berwujud rincian mengenai arti, peranan, sisi dan kefaedahan satu prinsip. Dapat berwujud langkah, cara atau proses kerjakan suatu hal.sebuah hal. Saya lebih senang mengatakan selaku artikel pameran.

Saya terangkan artikel pameran dikarenakan ciri-ciri artikel ini ialah menunjukkan beberapa poin, urut-urutan angka, langkah demi langkah langkah, menyejajarkan arti, dan lain-lain. Kadang-kadang ada faktor pendapat individu dalam artikel type ini, kadang-kadang tak (khususnya pada penguraian deskripsi ilmiah).

Cara Penulisan Artikel Eksposisi

  • Pastikan topik.
  • Pastikan maksud (tertulis).
  • Pastikan rumusan inspirasi inti (tertulis).

Bangun tulisan sama sesuai maksud. Apabila cerita diperuntukkan buat mengatakan pemahaman, karenanya bangun cerita dengan menyediakan data dan bukti buat memperkuat arti atau proses. Apabila anda ingin mengatakan cara, buat beberapa tahapan dari awalnya hingga sampai akhir secara struktural. Apabila anda ingin mengatakan kefaedahan, buat fungsinya satu-satu. Dan apabila cerita diperuntukkan buat mengatakan proses, karenanya uraikan prosesnya.

Beri rangkuman

Contoh artikel ini bisa anda temui bertaburan di internet yang terkait dengan: arti, peranan, fungsi, andil, atau artikel yang berisi tips lakukan suatu alias How To. Contoh artikelnya silahkan saksikan di sini. Type tulisan pada perumpamaan berikut ialah bertipical How To, adalah cara menulis daftar referensi dari internet.

Menurut saya (sehabis profesional menulis artikel mulai sejak tahun 2009), artikel eksposisi terutama type how to ialah artikel yang termudah dikerjakan (khususnya buat menulis artikel di blog). Dikarenakan kita menulis beberapa hal yang memiliki sifat efektif tanpa ada penguraian tanpa ada analisis dalam. Artikel yang kemungkinan lumayan sulit ialah menulis arti ilmiah, dikarenakan kita serius harus cari literatur yang dapat dipercaya buat menekankan pembaca.

Artikel Argumentasi

Artikel ini berwujud cerita pendapat (saran individu, oranisasi atau instansi). Penulisannya didasari oleh kritikan dalam sesuatu saran, situasi atau kebijaksanaan. Penulis rata-rata dapat masukkan pendapat individu atau kelompoknya di dalam tulisan secara fulgar, pastilah dengan data atau bukti yang memberikan dukungan. Maka dari itu gagasannya bisa tarik support dari pembaca. Saya lebih senang menamainya selaku artikel saran.

Cara Penulisan Artikel Argumentasi

  1. Pastikan kasus/ topik.
  2. Pastikan maksud (tertulis).
  3. Pastikan rumusan kasus (tertulis).

Bangun cerita dengan menyediakan data dan bukti buat memperkuat saran sendiri dan dapat lemahkan saran pihak lain (jika ada).

Beri rangkuman

Contoh bisa anda baca Di sini: Islam dan Politik Tak Dapat Dipisah.

Menurut saya, artikel type ini sangat sukar dicatat (khususnya pemula). Dikarenakan kita penting mencari data dan bukti kuat-meyakinkan buat memberikan dukungan saran kita. Selain tersebut, saya kerap menyaksikan banyak penulis pemula yang meratap penilaiannya tak termuat di koran atau media massa khusus meskipun sebenarnya udah mencoba beberapa kali (Saya udah membahas mengenai cara menulis pendapat di sini).

Sesungguhnya, berpendapat atau memiliki argumen itu ringan, asal argumen kita menekankan. Prasyarat sukses menulis artikel argumentasi ialah: Anda serius harus kuasai kasus plus BANYAK MEMBACA. Jangan pernah kita ditertawakan sebab ada info yang tidak-pas atau mungkin tidak masuk akal atau salah kutip atau kedaluwarsa yang kita tambahkan ke artikel.

Artikel Persuasi

Artikel type ini termasyhur dengan juga arikel motivasi. Dikarenakan penulisannya memiliki sifat menggoda alias persuasif. Resikonya bisa gerakkan pembaca buat lakukan atau mengikut suatu dan kebalikannya tinggalkan suatu hal.sebuah hal. Saya lebih senang menamainya selaku artikel rayuan.

Artikel ini rata-rata sering dipakai oleh pelaku bisnis, konselor, agamawan, psikiater, terapi, pengambil kebijaksanaan dan siapa sajakah yang ingin membawa publik buat pengen, ikhlas, semangat, semangat mengaminkan dan tak menampik apa yang mereka pasarkan.

Cara Penulisan Artikel Persuasi

  1. Pastikan kasus/ topik.
  2. Pastikan maksud (tertulis).
  3. Pastikan rumusan inspirasi inti (tertulis).

Bangun cerita dengan menyediakan data dan bukti buat menekankan pihak lain maka dari itu bisa gerakkan pembaca buat kerjakan kebaikan dan menghindari dari terburukan.

Beri rangkuman

Contoh artikel persuasi bisa anda saksikan bertaburan di blog ini. Sebagian besar artikelnya memiliki sifat rayuan alias persuasif. Silahkan baca dan jiwai, satu diantaranya ini: Kaya Dengan Menulis.

Kita dapat serius sukses menulis artikel type ini ialah: Kita harus alami, rasakan (atau sedikit alami/ rasakan) apa yang kita ingin pihak lain alami dan rasakan. Maka dari itu kita dapat semangat menggoda orang buat mengikut pesan dalam tulisan kita. Apabila kita semangat, pembaca akan juga semangat membacanya. Dan angan-angan kita moga-moga mereka terbangun dan mempersetujui ajakan kita. Kendati mereka tak/ belum menempatkan ajakan kita, minimum mereka sepakat dan menyetujui.

Artikel SEO

Artikel SEO ialah artikel yang diperuntukkan buat memaksimalkan penelusuran kata rahasia di situs mesin penelusuran seperti gooogle. Dia bukan satu type artikel spesifik. Dia ialah artikel yang diperuntukkan khusus buat menulis online di blog atau situs. Type artikelnya seperti sama artikel yang udah saya terangkan di atas. Artikel SEO dapat berwujud deskripsi, cerita, eksposisi, argumentasi atau persuasi. Tetapi perlu penyusunan khusus supaya mesin pelacak, seperti google, ringan merayap dan menganalisis topik sebuah situs atau blog.

Pokok dari menulis artikel SEO ialah: menempatkan ketentuan mesin pelacak dalam menulis artikel maka dari itu robot pelacak mesin itu ringan lacak dan mereferensikan tulisan kita tampil di halaman muka hasil penelusuran. Informasi selanjutnya silahkan baca tulisan saya yang ini: Cara Menulis Artikel SEO Friendly

Dua Jenis Penulisan Artikel

Sesungguhnya, tiap-tiap type artikel punya dua jenis penulisan juga, ada yang berwujud Fiksi dan ada juga yang berwujud non fiksi. Untuk memperjelasnya silahkan saksikan wikipedia.

Yup, begitu Tips dan Cara Menulis Artikel yang Baik ini saya bikin. Moga-moga anda dapat ambil fungsi darinya. Dan perlu diingat kemukakan lamaran anda menjadi penulis artikel online. Saksikan penawarannya di: lowongan penulis artikel online. Untuk yang bisa lolos penyaringan dapat saya satukan ke klub Layanan Penulisan Artikel Berkualitas (JasPetas). Atau anda masih ingin mempelajari segala keterkaitan penulisan artikel dan type tulisan yang lain dengan model yang DAHSYAT? Baca Tutorialnya di: PANDUAN MENULIS ARTIKEL HEBAT yang dapat bawa anda menguak pengalaman *baru* dalam menulis. (click link buat menyaksikan penawaran menariknya).

Kata kunci Buat Tulisan ini:

Tips dan Cara Menulis Artikel yang Baik, Langkah langkah menulis artikel, dan Cara Penulisan Artikel, teknik menulis artikel, Cara menulis/ membuat artikel di blog.

Posting Komentar untuk "Cara Menulis Artikel yang Baik"