Contoh Artikel Ilmiah Populer Lengkap - Fredy Bastian
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Artikel Ilmiah Populer Lengkap

Contoh Artikel Ilmiah Populer Lengkap
Contoh Artikel Ilmiah Populer Lengkap
Contoh Artikel Ilmiah Populer Lengkap - Artikel ilmiah pada hakekatnya menjadi salah satunya dasar ulasan yang penting dalam dunia pendidikan, artikel ilmiah ini sendiri berkaiatn kuat dengan karya tulis ilmiah. Untuk tata langkah penulis karya tulis ilmiah dan artikel ilmiah ini ada beberapa kemiripan yang tidak dapat dipisah keduanya, kemiripan itu adalah ada 3 cara pembutannya yaitu harus dihidangkan dalam study pustaka atau riset ilmiah berdasar beberapa sumber yang dapat dipercayai.

Oleh karena itu pada tulisan ini akan membagi beberapa contoh artikel ilmiah dengan topik dan judul yang berbeda.

Artikel Ilmiah

Artikel selalu berkaiatan dengan ilmiah, karena dalam artikel ini dihidangkan beberapa data dan bukti berdasar pada study litertur yang dikatakan. Konsentrasi perbincangan yang disampaikan dalam artikel biasa lebih singkat dibanding dengan karya tulis ilmiah, disamping itu untuk pembangunan background dalam artikel dapat digabungkan dengan isi artikel asal sama sesuai dengan aturan penulisan yang ada.

Adapun pemahaman artikel ialah karya tulis yang dihidangkan secara struktural dan empiris sama sesuai dengan dasar dalam penulisan kreasi ilmiah. Artikel ilmiah ini sendiri dapat diterbikan lewat cara online, atau ofline seperti pada media massa bikin. Bahkan juga banyak artikel ilmiah yang selanjutnya diedarkan menjadi jurnal ilmiah.

Contoh Artikel Ilmiah

Beberapa contoh berkenaan ada artikel ilmiah yang berkaiatan dengan kesehatan, pendidikan, tehnik, pertanian, sosial, hukum, dan lain-lain. Di antara lain;

Pendidikan

Artikel ilmiah pendidikan benar-benar dibutuhkan dalam pengkajian dan teorinya. Artikel ini terkait dengan mekanisme pendidikan, pengendalian pendidikan, dan sistem efisien yang dapat dipakai dalam lebih memajukan pendidikan, baik di Indonesia atau di semua dunia.

Artikel Ilmiah Pendidikan

Mekanisme Sekolah BATIK (Berwatak, Aktif, Inovatif, Bersaing) Untuk Membuat Angkatan Indonesia yang Unggul

Karya; Andri Kosiret, dan Chindy Listia Utami

Pendidikan menjadi salah satunya fasilitas yang punya pengaruh besar dalam membuat sumber daya manusia berkualitas. Lewat pendidikan, dapat terbentuk angkatan berwatak yang sanggup mengaktualisasikan diri menjadi ujung tombak perkembangan peradaban.

Seperti tertera dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945, arah nasional pendidikan ialah untuk mencerdaskan kehidupan bangsa yang pada pada akhirnya akan menyokong kesejahteraan rakyat. Jika dilihat ke dalam realitas pendidikan Indonesia saat ini, tanda kesuksesan dari arah tersebut sangat jauh dari kata terwujud. Belum bangunnya pendidikan Indonesia dari kemerosotan sebenarnya memunculkan satu permasalahan besar, akan dibawa ke mana peradaban negeri ini nantinya?

Hasil PISA (Programme for International Student Assessement) yang mengetes siswa sedunia dalam ketrampilan membaca, Pengetahuan Pengetahuan Alam, dan Matematika tempatkan Indonesia di status ke-64 dari 65 negara simpatisan.

Berubah sedikit ke cakupan sosial, ramainya kabar berita mass media mengenai tindak kriminil sampai amoral rupanya sering dilaksanakan oleh kelompok remaja yang notabene ialah siswa. Dua keadaan yang terlihat di atas memvisualisasikan jika pendidikan Indonesia ada dalam periode yang sangat krisis, baik dari sisi kapabilitas sektor atau sisi watak dan sikap peserta didik.

Keadaan beberapa siswa Indonesia ini masih jauh dari keinginan sebagai angkatan yang pintar dan sanggup berkompetisi di ajang internasional. Bila diambil garis sekian tahun kebelakang, dapat dilihat bersama jika Indonesia populer dengan jati diri bangsa yang berkaraker dan beradab mulia.

Terciptanya azas dasar Negara Indonesia lewat keadaan bangsa yang penuh kearifan dan spiritualitas penduduknya tinggi sekali otomatis menunjukkan sudah ada benih watak yang tertancap pada diri pribadi masyarakat Indonesia, begitupun dengan pelajar-siswi Indonesia.

Hal ini menjadi keunikan yang membandingkan pelajar Indonesia dengan pelajar bangsa lain. Bersatu dengan wacana cendekiawan pemuda yang luas semestinya dapat menjadi modal lebih untuk beberapa siswa Indonesia untuk lebih baik.

Beragam peraturan pendidikan dibikin pemerintahan dengan keinginan dapat arahkan beberapa pelajar menjadi unggul dalam semua sektor, baik dari sisi kapabilitas, watak, dan jiwa bersaing sebagai perbekalan berkompetisi dengan pelajarpelajar dari negara lain. Salah satunya peraturan pendidikan itu ialah peralihan

Kurikulum Tingkat Unit Pendidikan (KTSP) 2006 menjadi Kurikulum 2013. Namun peraturan itu sampai sekarang belum menghasilkan angkatan unggul yang sanggup berkompetisi di ajang internasional sama seperti yang sudah lama ditunggu-tunggu.

Berdasar background itu, ada pengembangan baru dalam peraturan pendidikan untuk menangani persoalan pendidikan dan membuat angkatan unggul, yaitu angkatan muda berwatak, aktif, inovatif, dan bersaing sebagai hal yang penting. Jalan keluar yang pas untuk hal ini ialah Mekanisme Sekolah BATIK (Berwatak, Aktif, Inovatif, dan Kompetitif), yaitu pengembangan mekanisme pendidikan yang memprioritaskan ada peralihan dalam tiga hal dasar, diantaranya sistem evaluasi, kelompok pendidik, dan jumlah pelajar di setiap kelas.

Ekonomi

Seterusnya, dalam tulisan ini akan menyuguhkan beberapa bentuk dibanding contoh artikel ilmiah mengenai ekonomi, yang dapat kalian bangun dalam wujud kewiraswastaan, mekanisme akuntansi, managementt, ekonomi pembangunan dalam masyarakat. Dan wujud yang lainnya.

Artikel Ilmiah Ekonomi

Pembikinan Casing Smartphone Dengan bahan Sampah Plastik Untuk Tingkatkan Ekonomi Masyarakat

Kreasi: Sinta Puspitasari, Khaula, Isma Farikha LN

Sampah plastik sudah menjadi salah satunya persoalan sampah yang hingga saat ini memerlukan pengatasan lebih karena karakternya yang memerlukan waktu yang lama dan susah untuk tergerai. Beragam perlakuan oleh pemerintahan sudah dilaksanakan untuk kurangi jumlah sampah plastik seperti pengurangan kandungan plastik dalam satu produk, kantong plastik berbelanja yang berbayar, pemakaian plastik yang lebih ramah lingkungan dan lain-lain.

Penggalakkan berkenaan pengurangan pemakaian plastik pada kehidupan setiap hari sudah dilaksanakan, tetapi jumlah sampah plastik masih termasuk cukuplah banyak, tidak kecuali di Kota Malang. Dari data DKP Kota Malang tahun 2013 mengatakan jika di Kota Malang sampah plastik menjadi penyumbang sampah paling banyak ke-2 sesudah sampah organik yaitu sejumlah 115,36 ton sehari-harinya (UNESCAP, 2014).

Disamping itu, sampah plastik memunculkan persoalan lain pada lingkungan, seperti pencemaran air dan tanah karena dari kandungan plastik tersebut; dan polusi udara yang disebabkan pembakaran plastik yang dapat tingkatkan Global Warming. Hal itu berpengaruh pada kesehatan, seperti timbulnya penyakit kulit, infeksi pernafasan dan permasalahan pencernaan karena lingkungan yang telah terkontaminasi oleh sampah plastik. Periode panjang seterusnya, dapat mengakibatkan kanker dan penyakit akut yang lain.

Di lain sisi kedatangan MEA di Indonesia semenjak Desember 2015 sudah buka set baru dalam sektor ekonomi antara Negara ASEAN, terhitung Indonesia. MEA mengaplikasikan mekanisme pasar bebas di mana ada keringanan dalam perdagangan arus di Negara ASEAN. MEA mempunyai tujuan untuk tingkatkan kestabilan ekonomi di teritori ASEAN dan diharap sanggup menangani permasalahan - permasalahan di bagian ekonomi antara Negara ASEAN (CRMSIndonesia, 2014 ).

Dengan begitu produk lokal Indonesia mempunyai kesempatan untuk berkompetisi dalam pasar yang bertambah luas pada pasar ASEAN. Begitupun kebalikannya, produk ASEAN berpotensi untuk berkompetisi di dalamnya. Menyaksikan keadaan itu, produk lokal Indonesia harus diinovasi supaya dapat berkompetisi di ajang Internasional.

Lewat beragam persoalan itu, penulis memiliki inisiatif untuk membuat suatu produk lokal dengan bahan sampah plastik untuk tingkatkan kualitas produk lokal, terutamanya di Kota Malang supaya dapat berkompetisi di pasar Internasional lewat program MEA.

Produk itu berbentuk Casing Smartphone yang dibarengi ukir-pahatan muncul Kedok Malangan. Pendayagunaan sampah plastik menjadi Casing Smartphone ini didasari oleh banyak pemakaian Casing Smartphone di Indonesia.

Berdasar data yang termuat didapatkan mengatakan jika Nurlita, pelaku bisnis Casing Smartphone dapat raih keuntungan sekitar 50 - 100 juta tiap bulannya dengan produksi 30 - 50 casing smartphone sehari-harinya (Detik-Finance, 2016). Hal itu menunjukkan jika pemakaian Casing Smartphone di Indonesia sudah menjadi sebuah trend tertentu. Casing Smartphone ini akan dibikin dari sampah plastik dengan beragam jenis ukuran dan merk smartphone sama sesuai dengan keperluan customer.

Sebagai pengembangan dari produk ini, yakni berbentuk tambahan ukir-pahatan muncul berbentuk kedok Malangan. Ukir-pahatan muncul ini sebagai permukaan muncul yang tidak datar pada sisi hidung, mulut, atau mata seperti wujud kedok pada biasanya dan nanti akan digambar sama sesuai watak yang ada pada Kedok Malangan.

Pendayagunaan design kedok malangan ini sebagai salah satunya pengembangan produk Casing Smartphone berciri ciri khas budaya Malang hingga dapat berkompetisi secara global. Diharap dengan ada Casing Smartphone dengan ukir-pahatan muncul Kedok Malangan ini dapat menjadi produk lokal ciri khas Malang yang dapat berkompetisi di pasar Internasional, satu diantaranya lewat MEA sekalian dapat mengenalkan budaya tradisionil Malang lewat keunikan Kedok Malangan itu.

Disamping itu diharap kurangi jumlah sampah plastik, tingkatkan nilai jual sampah plastik di Kota Malang dan dapat tingkatkan ekonomi masyarakat Kota Malang karena pembikinan produk ini memakai ongkos yang sedikit tetapi hasilkan keuntungan yang optimal.

Pertanian

Ide dasar dalam pengkajian pertanian pada saat ini sangat perlu dikerjakan pengemabangan selanjutnya, dari mekanisme pertanian tradisionil menjadi mekanisme pertanian kekinian. Dalam usaha itu banyak artikel pertanian yang bersebaran.

Artikel Ilmiah Pertanian

"SMART AGRO VILLAGE SYSTEM" Pengembangan Mekanisme Pendayagunaan Masyarakat Bekas Lokalisasi Dolly Lewat Usaha Kekinian Agro-Complex

Kreasi: Sulthan Alfathir, Trisa Oktavianti,

Ketimpangan sosial menjadi salah satunya permasalahan yang mulai muncul di zaman kekinian perkotaan yang mempunyai potensi memacu dampak negatif lingkungan dan tindak kriminil. Dalam menangani hal itu Pemda ambil peraturan protektif untuk mengatur beberapa tempat negatif dan non-kondusif yang mempunyai potensi memacu tindak kriminil dan citra jelek wilayah.

Pemerintahan Kota Surabaya adalah perintis perlakuan teratur dan positif dalam bermasyarakat dan bernegara lewat penutupan Dolly. Berdasar data Dinas Sosial Surabaya terdaftar sekitaran 1.400 WTS, 311 mucikari, beberapa puluh tukang parkir, pedagang, pengurush pemondokan, cleaning servis, tukang becak, dan karyawan yang lain yang gantungkan tugas di teritori Dolly kehilangan mata pencarian mereka dan berasa kesusahan karena penutupan Dolly.

Pemahaman negatif masyarakat pada bekas penghuni bekas lokalisasi Dolly menambahkan kompleks permasalahan yang ada, kondisi ini membuat bekas penghuni bekas lokalisasi tidak optimis dan mematikan daya kreativitas yang ada pada diri mereka. Menurut Tubuh Pusat Statistik (BPS) Propinsi Jawa Timur pada tahun 2015 jumlah warga Surabaya sejumlah 2.806.306 jiwa dan semakin meningkat tiap tahunnya. Makin bertambahnya jumlah komunitas di kota Surabaya, maka makin bertambah sumber daya alam yang digunakan untuk penuhi keperluan dan kelangsungan hidup warga. Pada pada akhirnya tempat persawahan, tempat lindung, dan tempat kosong turun dan berbeda peranan menjadi tempat pemukiman.

Sektor agrokompleks sebagai bidang usaha yang mulai disukai oleh sejumlah profesional di zaman ini. Bukti ini disokong dari tingginya kebutuhan pasar pada hasil pertanian fresh, komoditas ikan air tawar, pupuk, dan produk yang mempunyai potensi export yang lain. Di wilayah Surabaya kebutuhan pasar dalam konsumsi jamur tiram capai dua ton setiap hari untuk satu tempat, usaha agrokompleks memang menjadi salah satunya kekuatan di daerah Surabaya. (Distan Surabaya, 2015).

Dari pengalaman lega dan keadaan yang ada kami sebagai mahasiswa berasa bertanggungjawab untuk memberi jalan keluar riil pada persoalan yang ada lewat program "Smart Agro Village Sistem". Sebuah Program pendayagunaan bekas penghuni bekas lokalisasi Dolly dalam lakukan kreasi usaha ke yang lebih positif dan progressive lewat usaha pengendalian kekinian agro-complex yang fokus pada sistem zero waste dan high keuntungan.

Mekanisme Informatika

Perubahan pengetahuan computer pada saat ini dapat menjadi salah satunya topik artikel yang memikat untuk ditelaah selanjutnya, keterangan imenganai computer terkait kuat dengan mekanisme informatika. Oleh karena itu pada contoh seterusnya akan memberi pengulasan contoh artikel pada mekanisme informatika.

Artikel Mekanisme Informatika

TtM (Trip to Malang) : Program Berbasiskan Android Sebagai Mekanisme Info Pariwisata di Daerah Malang Raya

Kreasi: Selvy Andy Wijaya, Anida Wahyu Dewanty, Tifani R. Destianty

Pariwisata sebagai sektor yang perlu untuk satu wilayah hingga dapat mendukung bidang lain, terutamanya bidang ekonomi. Pada tahun 2013, pariwisata menyumbangkan devisa sejumlah 10,05 Milliar dolar AS dari 8,delapan juta lawatan pelancong luar negeri. Tetapi, di zaman MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN) saat ini ini, sektor pariwisata kurang berperan dalam bidang ekonomi.

Hal ini karena bidang telekomunikasi dan bidang tehnologi yang berkembang cepat tidak digunakan dengan optimal pada sektor pariwisata. Mengakibatkan, sektor pariwisata tidak dapat berkompetisi di dunia internasional dan tidak dikenali oleh pelancong asing bahkan juga pelancong lokal tersebut.

Daerah Malang Raya ada di propinsi Jawa Timur yang disebut kombinasi dari tiga daerah yakni Kota Malang, Kabupaten Malang, dan Kota Batu dengan keseluruhan luas daerah Malang Raya 3.984,047 km2 salah satunya luas Kota Malang ialah 252,10 km2 , luas Kabupaten Malang ialah 3.534,86 km2, dan luas Kota Batu ialah 197,087 km2. Kota Malang ialah pusat daerah Malang Raya di mana Kota Batu berada di samping barat laut Kota Malang, dan Kabupaten Malang berada di samping timur, barat, selatan dan utara Kota Malang dan samping timur, barat dan selatan Kota Batu.

Daerah Malang Raya berpotensi yang bagus di bagian pariwisata. Terdiri menjadi rekreasi agro, rekreasi air, rekreasi pembelajaran, rekreasi gunung, rekreasi religius, rekreasi pantai, dan rekreasi riwayat untuk didatangi, tetapi beberapa tempat itu sedikit dijumpai oleh pelancong terutamanya pelancong asing.

Berdasar data Malang Kompas, jumlah pelancong luar negeri di Kota Malang pada tahun 2013 sekitar 5.498 orang dan pada tahun 2015 jumlah pelancong luar negeri sekitar 5.952 orang. Dalam periode waktu 2 tahun pelancong luar negeri bertambah sekitar 454 orang.

Kenaikan ini masih termasuk rendah, dan jauh dari sasaran yang diharap. Di Kabupaten Malang, Pemerintahan Kabupaten Malang telah mencatat ada 23 pantai yang terdaftar di Dinas Pariwisata Kabupaten Malang, dan ada banyak pantai yang belum terdata. Dan, di Kota Batu menurut Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batu jumlah pelancong asing yang ke Kota Batu rerata cuma 10.000 orang /tahun walau sebenarnya sasaran yang diharap 18.000 orang /tahun.

Bersamaan dengan mengembangnya bidang telekomunikasi, dan bidang tehnologi, keperluan akan info yang dapat dijangkau dengan gampang, dan cepat makin bertambah. Handphone sebagai salah satunya tehnologi yang kerap dipakai oleh pemakai android untuk terhubung info yang diperlukan. Pengutaraan info yang komplet, dan pemakaian yang sederhana dapat mempermudah pelancong untuk ketahui lebih detil berkenaan lokasi rekreasi yang hendak dituju.

Berdasar permasalahan ia atas karena itu dibutuhkan program android yang namanya "TtM (Trip to Malang)". Program ini sediakan beragam jenis feature seperti jalur ke arah lokasi,medan yang hendak dilakukan sepanjang perjalanan, informasi berkenaan beberapa titik riskan, dan informasi lain berkenaan tujuan rekreasi yang hendak dituju.

Program ini didesain sebegitu rupa hingga menarik saat disaksikan dan gampang dijangkau untuk beragam kelompok umur. Bahasa penampilan yang dipakai dalam program ini tentu saja bahasa internasional yakni Bahasa Inggris supaya pelancong asing pahami tiap info yang didapatkan dan Bahasa Indonesia sebagai bahasa induk Negara Indonesia. Hasil dari pembikinan program ini dapat menolong pemakai program dalam berekreasi yang aman dan nyaman, dan mengenalkan pariwisata yang berada di daerah Malang Raya secara Internasional.

Artikel Ilmiah Terkenal Singkat Remaja

Jenis artikel terkenal untuk remaja seterusnya yang dapat kamu gunakan dalam pekerjaan sekolah ialah jenis artikel ilmiah ini, yang menindikasikan mengenai kenakalan remaja secara singkat dan usaha dalam menangani kenakalan remaja itu.

Artikel Ilmiah

Artikel Ilmiah Terkenal Remaja

Belajar Berpikiran Damai Lewat Pitutur Markesot Untuk Meminimalkan Sikap Invasi Remaja

Kreasi: Anugrah Tri Waluyo, Shoofii Syammari, Lina Esti Suryani

Di indonesia beberapa akhir ini sedang di guncang kritis kepribadian, di mana sudut pandang masyarakat Indonesia sudah berbeda. Orang Indonesia saat ini menuntaskan permasalahan dengan memakai kekerasan, banyak kekerasan yang terjadi di dalam masyarakat Indonesia, karakter kekerasan itu awal yang dulu dilakukan oleh beberapa orang dewasa saat remaja juga lakukan hal semacam itu tanpa pernah berpikir imbas dan karena. Kemungkinan tidak dapat kita temui kembali anak-anak bermain, bergurau dan tidak ada perdamaian bahkan bisa saja dapat terjadi tidak ada contact antara manusia.

Dapat kita saksikan fenomena-fenomena yang terjadi di dalam lingkungan masyarakat kita saat ini, remaja di dalam lingkungan sekolah yang tempuh pendidikan saja belum sanggup mengatur emosi mereka, di beberapa kota besar umum terjadi tawuran di antara sekolah, sampai menelan korban jiwa, dapat kita saksikan di beberapa kota besar yang termasuk maju dan penduduknya benar-benar eksper dan tingkat pendidikan yang tinggi masih memiliki sifat agresif menunjukkan jika masyarakat kota belum dapat berpikiran damai, berbeda kembali dengan masyarakat dusun yang termasuk ekonomi rendah, yang terjadi di dalam masyarakat dusun atau pedesaan saat ini ialah merusak diri kita dengan konsumsi alkohol, dan narkotika dapat kita simpulkan jika di dalam masyarakat Indonesia dari susunan yang teratas sampai susunan paling bawah belum dapat mempunyai pemikiran damai

Menurut kabar berita Wijaya (2016) mengatakan jika pasukan Israel tempo hari merusak sebuah mushola masyarakat Palestina di dusun Rakhma di teritori Gurun Negev, samping utara Israel (http://www.merdeka.com, dijangkau 9 Februari 2017). Kabar berita lain, menurut Maryati (2015) mengatakan jika sepanjang 2014, menurut OCHA, Israel dan Hamas berperang dalam peperangan hebat di Gaza yang membunuh nyaris 2.200 orang sementara kekerasan intensif di Jerusalem Timur dan Pinggir Barat membunuh beberapa puluh masyarakat Palestina dan cuma beberapa masyarakat Israel. Selainnya di Palestina, perselisihan yang berpengaruh pada lenyapnya banyak nyawa ialah di Suriah.

Subekti (2014) menyampaikan jika jumlah anak Suriah yang terserang imbas perang saudara menjadi 5,lima juta anak. Satu juta anak-anak saat ini terjerat di daerah Suriah yang terkepung atau yang susah dicapai dengan sumbangan kemanusiaan.

Seterusnya, sekitaran 2 juta anak-anak memerlukan support atau perawatan secara psikis (http://www.satuharapan.com, dijangkau 9 Februari 2016). Beberapa informasi di atas memperlihatkan jika keadaan perdamaian di dunia internasional mengalami persoalan saat ini ini.

Keadaan kenyamanan internasional yang terjadi di dunia internasional tidak tutup peluang mempunyai potensi terjadi di Indonesia. Indonesia sebagai salah satunya bangsa yang mempunyai bermacam budaya (Goodwin dan Giles, 2003). Budaya yang beraham itu di satu segi menjadi salah satunya daya magnet internasional pada pariwisata Indonesia, namun, di lain sisi akan memacu berlangsungnya persoalan nasional yang serius.

Masyarakat Indonesia pasti tidak lupakan perselisihan yang terjadi di Sampit. Ruslikan (2001) menerangkan jika jalinan di antara etnik Dayak dengan Madura ada kecondongan menunjukkan suatu hal lainnya yang lain dibanding dengan jalinan di antara etnik Dayak dengan etnik-etnik yang lain.

Dengan kata lain, di antara ke-2 etnik (Dayak-Madura) simpan stereotip etnik/ budaya yang malah condong sama-sama renggangkan jalinan sosial di antara ke-2 nya. Perselisihan antara etnik ini berpengaruh pada banyaknya korban yang kehilangan nyawa (Alexander, 2005).

Selainnya, perselisihan yang mengikutsertakan ketidaksamaan budaya, di Indonesia alami persoalan gempuran pelaku terorisme yang berpengaruh pada lenyapnya banyak nyawa tidak bersalah. Baru baru ini masih hangat dalam telinga masyarakat Indonesia terjadi gempuran terorisme yang tewaskan beberapa masyarakat di Sarinah Jakarta.

Arjawinangun (2016) mengatakan jika dari 34 keseluruhan korban tindakan terorisme di teritori Sarinah, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, 26 masih dalam perawatan di rumah sakit. Dan delapan korban yang lain dijumpai wafat (http://metro.sindonews.com, dijangkau 9 Februari 2016).

Kenyamanan ada dalam pemikiran tiap manusia (Anand, 2014) yang penting diperkembangkan oleh tiap manusia. Salah satunya figur yang dapat dijadikan contoh atau panutan ialah Markesot. Markesot ialah penjelmaan dari teman dekat Emha Ainun Nadjib dan Emha Ainun Nadjib tersebut.

Markesot sebagai figur polos yang pintar dan misteri. Markesot banyak membicarakan permasalahan yang umum terjadi di masyarakat. Kehidupan Markesot dapat bawa kita menamkan pertimbangan damai beberapa remaja saat ini.

Hukum

Hukum menjadi salah satunya konsentrasi pengkajian yang perlu dilaksanakan dalam pembikinan kreasi ilmiah, wacana dan pengetuan pengetahuan hukum ini cakupannya lumayan luas. Dapat menyaksikan dalam segi keluarga, masyarakat, dan seorang yang berkebutuhan khusus. Oleh karenannya untuk contoh artikel hukum kamu dapat baca pada artikel ini.

Artikel Ilmiah Hukum

Study Pendayagunaan Tehnologi Berbasiskan Internet of Things Pada Kenaikan Kualitas Servis Transportasi Khalayak Untuk Penyandang Tunanetra.

Kreasi: Aswin Tresna Nugraha, Kresna Devara, Irvan Bijak

Manusia dibuat oleh Tuhan Yang Maha Esa dalam keadaan yang berbeda. Ada ketidaksamaan warna kulit, suku, atau ras,dan ketidaksamaan warna dan wujud rambut. Tetapi, ada juga ketidaksamaan yang menyebabkan orang mempunyai keperluan khusus. Mereka ialah beberapa penyandang disabilitas. Penyandang disabilitas dapat digolongkan menjadi tunanetra, tunarungu, tunadaksa, tunagrahita, penyandang autistik, bahkan juga beberapa orang dengan disabilitasa double dan multi disabilitas misalkan tunanetra dan tunarungu, tuna daksa dan tunarungu.Berdasar data terkini (Juli 2012), jumlahnya penyandang tunanetra di Indonesia 1.749.981 jiwa[1].Untuk membaca beberapa tunantera memerlukan buku Braille atau buku audiodan untuk jalan beberapa tunanetra memerlukan kontribusi tongkat.

Servis transportasi khalayak di indonesia belum juga menampung akses untuk semua masyarakat. Penyandang tunanetra di Indonesia kurang memperoleh hak dalam faktor pelindungan dan menghargai sama-sama pemakai, ini karena peraturan Undang Undang Nomor 71 Tahun 1999 mengenai Aksesbilitas untuk Penyandang Cacat dan Orang Sakit pada Fasilitas dan Prasarana Perhubungan belum terwujud dengan baik dan pas target.

Dalam pada itu menurut UUD 1945 pasal 28 f yang berisi, "Tiap orang memiliki hak untuk berbicara dan mendapat info untuk meningkatkan individu dan peradaban sosialnya, dan memiliki hak untuk cari, mendapat, mempunyai, simpan dan memproses info dengan memakai semua jenis aliran yang ada". Pasal ini jamin ada hak kebebasan dalam pengaksesan info untuk tiap orang. Akan tetapi, saat ini untuk penyandang tunanetra info berkaitan transportasi khalayak masih tidak cukup.Misalnya pada jalur bis TransJakarta, info tentang arah, keadaan bis, atau bis peralihan koridortidak memberi info dalam wujud suara. Hal ini merepotkan untuk penyandang tunanetra dalam melancong.

Perubahan ilmu dan pengetahuan dan tehnologi di zaman kekinian telah makin cepat. Di lain sisi, tehnologi saat ini telah berpengaruh pada hamper semua susunan masyarakat. Tehnologi sudah tingkatkan kualitas hidup manusia dalam beragam sektor. Salah satunya ialah Internet of Things.Internet of Things sebagai satu mekanisme yang memungkinkannya beberapa benda disambungkan dengan internet untuk mempermudah manusia dalam lakukan aktivitas setiap hari secara efektif. Mekanisme ini bekerja dengan memberikan piranti keras pada beberapa benda yang diharapkan supaya dapat tersambung dengan internet.

Internet of Things sudah memasuki di beberapa sektor, tetapi faedahnya belum dirasa oleh penyandang tunanetra. Terpacu oleh keadaan itu, penulis dalam makalah ini akan mengulas mengenai peluang pendayagunaan Internet of Things untuk menyaksikan persoalan yang dirasakan penyandang tunanetra, diharap dapat kurangi berlangsungnya kesusahan dalam mengenali transportasi khalayak di Indonesia, dengan membuat piranti keras yang dapat memberi info transportasi khalayak yang ada di sekitaran penyandang tunanetra. Piranti itu akan diintegrasikan dengan piranti GPS, receiver dan transmitter.


Agama

Agama menjadi salah satunya topik sisi yang memikat untuk dilaksanakan pengkajian dalam lewat sebuah kreasi ilmiah, yakni artikel ilmiah. Oleh karena itu ulasan ini akan memberi keterangan berkenaan contoh artikel ilmiah agama.


Artikel Ilmiah Agama

Rekonsiliasi Media Islami Dengan Kenaikan Dialog Kepemudaan: Pantauan Dari Perspekif Sosiologi

Peranan mass media dalam kehidupan memang tidak dapat dibantahkan kembali, begitupula dengan agama sebagai faktor dasar kehidupan juga manusia mendapatkan dampak besar sekali. Realitaya saat ini sudah banyak penilaian khalayak yang tercipta dan mengkristal dan menebar lewat wujud mass media baik penilaian yang memojokkan salah satunya faksi atau memberikan keuntungan faksi lainnya.

Seperti contoh label pergerakan radikalime Islam di dunia yang membuat bangsa barat dan sekutu-sekutunya dengan menyengaja jadi komoditi politik merusak citra Agama Islam sebagai agama rohmatallil'alamin. Terlebih-lebih saat remuknya gedung WTC New York yang didakwakan dilaksanakan oleh barisan Islam garis keras (al-Qaeda dan Tahliban) seakan makin jadikan trend radikalime Islam menjadi wawasan menggelobal hingga berimplikasi pada sikap keraguan masyarakat dunia, khususnya nagara-negara barat sekalian Amerika Serikat pada pergerakan Islam (Bahri Samsul: 2004)

Begitupula di Indonesia pergerakan keagamaan yang memiliki sifat radikal meruapakan fenomonea penting memberi warna citra Islam kontemporer, Jamhari dan Jajang Jahroni (2004) memberi tiga contoh pergerakan radikalime Islam di Indonesia. Pertama ialah pergerakan Front Pembela Islam (FPI) bergerak untuk tutup beberapa tempat yang dipandang maksiat pada bulan Romadhon, untuk memberikan sikap penampikan meraka tanpa menghiraukan hukum konstitusi Indonesia yang ada. Ke-2 , timbulnya pergerakan barisan Lascar Jihad Ahlussunnah Wal Jama'ah di Jogjakarta yang dengan cepat mempu kumpulkan beberapa ribu jama'ah untuk siap berperang dalam perselisihan horizontal memiliki nuansa agama di Ambon. Ke-3 , dalam masalah politik barisan Islam radikal lain seperti KSDI berdomonstrasi mengumandangkan aspirasi-aspirasi mereka pada implementasi syareat Islam di Indonesia.

Lebih jauh kembali Jamhari dan Jajang Jahroni mengutarakan jika barisan radikal memiliki ikatan barisan yang kuat dengan tampilkan beberapa ciri performa diri dan ritus mereka hingga barisan Islam radikal sering bergerak secara bergerilya walapun banyak pula yang jelas terangan, untuk untuk keberadaan sekalian menjadi satu diantaranya triknya mengambil anggota dengan mainkan peranan mass media yang dipandang memiliki arti khusus di dalam salurkan idiologi-ideoli perjuangan.

Maka dari itu negara Indonesia yang sebagian besar dengan penduduk Islam pasti cepat sekali dipengaruhi hingga dicemaskan ikutinya. Baru ini pemerintahan Indonesia bahkan juga memotong habis media Islam online lewat BNPT dengan memblok beberapa situs Islam yang dipandang radikal dengan langkah tegas tetapi tidak referentif dan konfensional, sebenarnya dalam penutupan situs itu mempunyai tujuan baik sekali yakni ingin menyelematkan masyarakat khususnya angkatan muda supaya tidak dipengaruhi dengan beberapa gerakan Islam yang radikal tetapi sayang usaha dilaksanakan pemerintahan mendapatkan hujatan karena ada banyak pemilik website dikunci tidak memperoleh surat peringatan yang dinggap sebagai perlakuan kesewenang-wenangan.

Adapun di dalam menanggapi usaha pemerintahan itu minimal dapat mengataui jika ada rasa kekuatiran ke masyarakat Islam di Indonesia yang ditakuti dipengaruhi rumor global dengan berperan serta dalam pergerakan islam radikal karena doktrin mass media ditambah yang bumming menjadi teror ialah pergerakan the Islamic State of Iraq and Syria (ISIS).

Menanggapi hal itu minimal yang perlu diaplikasikan ialah penangkalan dengan langkah referentif dan bergerak secara masif dengan penganjurkan ke genarasi muda Islam supaya kiranya tingkatkan wawasan dialog mengenai rumor agama dengan implementasi rekonsiliasi media islami, hingga otomatis pemuda akan memiliki filter dalam memisah dan pilih mana pergerakan Islam radikal yang ingin mengadu domba umat dan mana pergerakan Islam konterporer yang tetep berdasar tegar pada syareat agama Islam yang sebanarnya. Hingga nanti Agama Islam betul-betul sebagai rohmatallil'alamin yang digenggam tegar oleh angkatan muda sebagai angkatan penerus bangsa dan agama.

Riset

Artikel ilmiah berkenaan riset umumnya dipakai sebagai keterangan secara singkat atau rangkupan dalam riset yang dibikin. Artikel ini sendiri terkait kuat dengan kondisi di dalam masyarakat yang memikat untuk dilaksanakan pelajari selanjutnya.


Artikel Ilmiah Riset

Proses Pelepasan Hak Atas Tanah Dalam Pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera

Wawasan pembangunan beberapa akhir ini terus-menerus dibahas. Pemerintahan Republik Indonesia memfokuskan perhatiannya pada project pembangunan buat membenahi keadaan ekonomi negara saat ini. Mekanisme rencana pembangunan harus diadakan berdasar azas demokrasi dan disokong dengan beberapa prinsip kebersama-samaan, keadilan, terus-menerus, berpikiran lingkungan dan kemandirian. Ada pembangunan yang rata di tiap propinsi yang berada di Indonesia dapat jaga kesatuan nasional (UU Nomor 25 Tahun 2004).

Pembangunan pada dasarnya terdiri dari pembangunan non fisik dan fisik. Menurut Wresniwiro pembangunan non fisik ialah jenis pembangunan yang terbentuk oleh dorongan masyarakat di tempat dan mempunyai periode waktu lama. Beda hal dengan pembangunan fisik ialah pembanguan yang dapat di rasakan langsung oleh masyarakat atau pembangunan yang terlihat oleh mata. Pembangunan fisik misalkan berbentuk infrastruktur, bangunan, sarana umum(dalam Misiyanti, 2014:5).

Saat ini salah satunya pembangunan fisik yang digerakkan ialah project jalan Tol Trans Sumatera yang sudah mulai dibuat dari Propinsi Lampung dengan prediksi sejauh 140,41 km. Project Pembangunan jalan Tol Trans Sumatera di Propinsi Lampung diawali dari Dermaga Bakauheni, Kabupaten Lampung Selatan sampai Terbanggi Besar, Kabupaten Lampung tengah (Di antara, 2015).

Penyelenggaraan jalan tol sendiri ditujukan untuk merealisasikan pemerataan pembangunan dan jaga kesetimbangan dalam peningkatan daerah dengan memerhatikan keadilan, yang dapat diraih dengan membangun jaringan jalan yang dananya berasal dari pemakai jalan. Dan arah dari jalan tol yaitu untuk tingkatkan efektivitas servis jasa distribusi buat mendukung kenaikan kemajuan ekonomi khususnya di daerah yang telah tinggi tingkat perubahannya (Perpres Nomor 15 Tahun 2005).

Persoalan yang kerap muncul dalam proses penyelenggaraan jalan tol ialah mengenai pertahanan tanah yang sudah dilakukan masyarakat. Pemerintahan harus keluarkan dana yang cukup banyak untuk dapat melepaskan tempat masyarakat pada project pembangunan yang lain. Kejadian perselisihan pertanahan yang kerap diketemukan seperti beberapa kasus pada biasanya, tidak di dapatkan pada proses pembangunan jalan Tol Trans Sumatera di Lampung, terutamanya di Dusun Sabah Balau, Kecamatan Tanjung Bintang, Kabupaten Lampung Selatan. Biasanya masyarakat Dusun Sabah Balau benar-benar memberikan dukungan pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera. Berdasar hasil pra penelitian periset, dalam proses pelepasan hak atas tanah di Dusun Sabah balau ini tidak diketemukan permasalahan yang serius.

Masyarakat Dusun Sabah Balau yang tanahnya harus direlakan untuk kebutuhan umum ini benar-benar pro aktif dalam proses pelepasan hak atas tanah. Masyarakat Dusun Sabah Balau sudah pahami jika tanah yang ada dalam teritori Negara Kesatuan Republik Indonesia ini ialah sepenuhnya punya Indonesia (Pasal 1 UU Nomor 5 Tahun 1960). Tidak ada protes atau penolakkan dari faksi masyarakat dalam proses pembebasan tempat itu. Masyarakat Dusun Sabah Balau mempunyai pengetahuan dan kesadaran pada hukum penyediaan tanah ini, hingga mereka ikuti semua proses yang sudah diputuskan.

Jenis Artikel Ilmiah

Berdasrkan pada jenis atau jenisnya, dalam artikel ilmiah ini sendiri terdiri beberapa jenis. Di antara lain;

Riset

Jenis pertama ialah artikel ilmiah riset yang sudah dilakukan seorang berdasar riset yang sudah ditelaah lebih dalam, baik memakai sistem riset kualitataif atau memakai sistem riset kuantitatif. Artikel makna riset ini mempunyai potensi untuk diperkembangkan selanjutnya, misalkan saja kekuatan dijaikan sebagai jurnal internasional.

Konseptual

Jenis ke-2 dalam artikel ilmiah ini adalah artikel konseptual yang sudah dilakukan pengkajian berdasar ide penulis dan penilaian yang sudah dilakukan penulis tersebut. Gagas dan penilaian yang disampikan dalam artikel ilmiah ini tentusaja masih di landasi pada teori-teori dan study pustaka, karena teori dan study pustaka tersebut menjadi salah satunya wujud ketidaksamaan artikel dan penilaian. Secara lengkap, baca;

Terkenal

Jenis yang ke-3 dalam artikel ilmiah adalah artikel ilmiah terkenal yang dapat dikasih pemahaman sebagai tulisan ilmiah berdasar pada pengkajian yang dirasakan oleh masyarakat. Peristiwa ini sendiri dikuasai dengan ruangan dan waktu terbas. Misalkan saja untuk contoh dalam artikel ilmiah terkenal adalah ada Penyeleksian Presiden dengan ada bukti Pemilihan presiden itu banyak tulisan bersatndar ilmiah banyak muncul yang gunannya untuk memberi pembelajaran ke masyarakat.

Dari beberapa keterangan dan contoh kelompok artikel ilmiah berbahasa Indonesia di atas, penting untuk pembaca untuk pahami susunan dan mekanismeasiasi pembikinan riset, yang perlu didalamnya ada background, ulasan, dan ringkasan yang didapatkan.

Pembikinan dalam artikel ilmiah minimal memiliki kandungan keunikan atau karakter artikel tersebut. Ciri-ciri dalam pembikinan artikel ilmiah yang bagus, diantaranya ialah menunjukkan segi akademiknya dengan mengatakan sumber pusataka yang berkaitan dalam pembikinan artikel ilmiah.

Demikian tulisan yang dapat kami jabarkan dalam memperjelasan berkenaan contoh artikel ilmiah terkenal terkini komplet. Mudah-mudahan dengan jabarkan yang kami suguhkan dalam menolong dan dapat menjadi dasar untuk siapa yang memerlukan materi mengenai "Contoh Artikel".


Posting Komentar untuk "Contoh Artikel Ilmiah Populer Lengkap"